16 Makanan Yang Mengandung Zat Besi Tinggi Dan Manfaat Untuk Tubuh

Banyak sekali mineral dalam diet yang di perlukan oleh tubuh, salah satunya adalah makanan yang mengandung zat besi dalam kadar yang tinggi. Peran zat besi sama pentingnya dengan mineral ataupun zat lain yang di perlukan untuk melakukan proses pertumbuhan. Zat besi adalah zat yang memiliki sifat yang tidak dapat di produksi oleh tubuh, sehingga kita harus bisa mencukupi kebutuhan zat besi kita, bagaimana cara kita dapat mencukupi kebutuhan zat besi kita?, kita bisa mendapatkan zat besi dari makanan yang mengandung zat besi.

Makanan yang memiliki kandungan zat besi dalam jumlah yang tinggi

Apa Itu Zat Besi

Zat besi yang memiliki simbol kimia Fe (dalam bahasa latin di kenal dengan nama ferrum) merupakan mineral yang memiliki peran penting dalam tubuh kita, dia memiliki tugas untuk memastikan ketersediaan jumlah darah yang di perlukan oleh tubuh. Fungsi zat besi adalah mengikat oksigen dari paru paru ke jaringan dan mengangkut elektron di dalam poses pembentukan energi di dalam sel. Dalam melakukan proses pengangkutan oksigen, zat besi harus bersatu dengan protein agar membentuk hemoglobin yang ada dalam sel darah merah dan myoglobin yang ada dalam serabut otot. Bila bergabung dengan protein di dalam sel zat besi membentuk enzim yang akan berperan di dalam pembentukan energi di dalam sel.

13 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Dan Manfaatnya Kesehatan Manusia


Fungsi Zat Besi Pada Tubuh Manusia

Ada beberapa fungsi zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia diantaranya adalah:
  1. Membawa oksigen
    Zat besi bertugas sebagai pembawa oksigen (kurir oksigen) dan juga memiliki peran mentransfer oksigan antar sel, sehingga nantinya oksigen dapat di distribusikan ke seluruh tubuh untuk memastikan fungsi organtubuh berjalan dengan semestinya.
  2. Membantu memaksimalkan fungsi otot
    Zat besi juga salah satu unsur yang sangat penting untuk kesehatan otot, peran zat besi pada otot yaitu membantu menyuplsi oksigen yang di perlukan otot untuk melakukan kontraksi.
  3. Membatu pembentukan hemoglobin
    Pembentukan hemoglobin sangan di pengaruhi oleh zat besi. ini dikarenakan Zat besi merupakan zat pembentuk hemoglobin dan memberikan warna merah tau pada sel darah juga membantu membawa oksigen ke sel sel yang ada pada tubuh.
  4. Membantu fungsi otak
    Membantu fungsi otak juga salah satu manfaat zat besi. Karena penyuplaian oksigen ke darah di bantu oleh zat besi dan otak menggunakan oksigen darah sekitar 20%,dan secara langsung berkaitan debgan kesehatan otak dan fungsi otak.
  5. Mengatur suhu tubuh
    Zat besi merupakan fasilitatoruntuk pengaturan suhu tubuh. Semakin baik tubuh menyerap zat besi maka semakin baik tubuh mengendalikan suhu badan.
  6. Membantu sintesis neurotranmitter
    Zat besi sangat berperan penting dalam pembentukan beberapa neurotransmitter esensial seperti dopamine, serotonin dan norepinophrine. Neotransmitter adalah suatu bahan kimia yang mengolah dan mengirim sinyal syaraf. Zat zat ini berperan penting dalam berbagai aktivitas yang mengikut sertakan fungsi syaraf dan otak.
  7. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Zat besi juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia sebagai pertahanan tubuh manusia untuk melawan penyakit dan juga infeksi. Kekurangan dari zat besi dapat mengakibatkan tubuh mudah di serang oleh penyakit.
  8. Membantu metabolisme tubuh
    Zat besi juga berperan penting dalam metabolisme energi yang ada di dalam tubuh, di mana energi yang di ekstrak dari makanan yang telah di konsumsi akan di sebarkan atau di distribusikan ke seluruh tubuh.
  9. Membantu pembentukan enzim
    Zat besi adalah salah satu komponen penting untuk menyusun beberapa jenis enzim dan bahan penting lainya dalam tubuh yaitu cytochrome, myoglobin dan katalase.
  10. Mencegah dan menyembuhkan anemia
    Kurang darah (anemia)biasanya di sebabkan oleh kurangnya zat besi yang ada pada asupan yang kita konsumsi. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat menyembuhkan beberapa penyakit anemia.
  11. Kesehatan rambut
    Zat besi adalah salah satu nutrisi yang penting dalam memberikan asupan oksigen pada akar rambut. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan rambut menjadi kusam, tipis, rontok , dan kering.
  12. Kesehatan kulit dan kuku
    Zat besi merupakan unsur yang berguna untuk memfungsikan antioksidan,dan juga membantu untuk mengaktifkan vitamin yang ada dalam kelompok B kompleks. Hal ini jug abermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan kelelahan, wajah menjadi pucat, kulit kering dan ujung rambut menjadi pecah pecah, juga dapat mengakibatkan kuku menjadi rapuh dan rentan untuk mengalami kerusakan.
  13. Kehamilan
    bagi orang orang yang sedang dalam keadaan mengandung (hamil), mineral ini akan sangat di perlukan untuk pembentukan hemoglobin serta pembawa oksigen dalam darah pada ibu hamil dan pada janinnya. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi agar janin dapat tumbuh dengan baik dan ibu hamil tidak mengalami anemia juga anak yang dilahirkan akan memiliki berat yang pas atau normal, takaran yang di anjurkan adalah 27 mg zat besi per hari. Suplemen zat besi juga dapat memberikan hasil yang maksimal jika di konsumsi dengan mekanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk dan tomat.
  14. Menurunkan berat badan
    Salah satu fungsi zat besi adalah membantu sel darah merah untuk membawa oksigen di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik, mak jika ita kekurangan zat besi anda akan kesulitan memiliki energi dalam berolah raga, tentu saja dampaknya adalah anda akan merasa lelah terus menerus sepanjang waktu. Memang latihan yang banyak mengeluarkan energi dapat menyebabkan penurunan berat badan, akan tetapi anda juga harus mendapatkan cukup zat besi agar anda tidak merasa lemas.
  15. Pramenstruasi
    Zat besi juga dapat mengurangi gejala gejala pramenstruasi seperti pusing, perubahan suasana hati, hipertensi dan lain sebagainya. Kekurangan zat ini dapat mengakibatkan peningkatan suasana hati seperti cepat marah dan emosional.


Jumlah Kandungan Zat Besi Pada Tubuh Manusia

Berapa jumlah kandungan zat besi pada pria dan wanita sangalah berbeda, pria cendrung lebih banyak memiliki jumlah zat besi lebih banyak di bandingkan wanita. Laki laki memiliki cadangan zat besi yang terdapat pada limpa dan pada sumsum tulang, cadangan tersebut berjumlah sebanyak 500 – 1500 mg. Sedangkan wanita didalam tubuhnya hanya memiliki 0 – 300 mg zat besi. Itulah sebabnya mengapa wanita lebih sering mengalami kekurangan darah atau yang biasa kita sebut anemia dari pada laki laki, apalagi wanita yang sedang mengalami menstruasi dan sedang dalam masa subur.

Kebutuhan Zat Besi Berdasarkan Jenis Kelamin Dan Umur

Kebutuhan zat besi yang di perlukan untuk anak anak berbeda dengan kebutuhan zat besi untuk orang dewasa yaitu:
  • Usia 2-6 tahun = 4,7 mg/ hari
  • Usia 6-12 tahun= 7,8 mg/ hari
  • Laki laki usia 12-16 = 12,1 mg/ hari
  • Perempuan usia 12-16 = 21,4 mg/ hari
  • Laki laki dewasa 8,5 mg/ hari
  • Perempuan dewasa usia subur 18,9 mg/ hari
  • Menopouse 6,7 mg/ hari
  • Ibu menyusui 8,7 mg/ hari
Angka ini telah di hitung berdasarkan bioabilitysebesar 15%.

Pengaruh Zat Besi Terhadap Tubuh Manusia

Kekurangan dari zat besi dapat menimbulkan masalah pada tubuh kita, begitu pun sebaliknya kelebihan dari zat besi juga tidak baik bagi tubuh manusia.berikut adalah dampak dari kekurangan dan atau kelebihan zat besi pada tubuh.

Efek Dan Tanda Defisiensi Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menimbulkan gejala gejala sebagai berikut:
  • Nafas menjadi pendek dan terasa pusing
  • Terasa sakit di daerah dada
  • Terasa nyeri di kepala
  • Terasa nyeri pada kaki
  • Lidah akan terasa kering
  • Langit langi mulut juga terasa kering

Siapa Saja Yang Beresiko Terhadap Kekurangan Zat Besi

Defisiensi terhadap zat besi dapat memberi resiko yang besar terhadap orang-orang dibawah ini :
  • Wanita yang sedang datang bulan atau menstruasi. Terutama ketika berada pada periode yang berat
  • Wanita yang sedang hamil atau aru saja melahirkan.
  • Pelari jarak jauh
  • Orang yang sedang menderita pendarahan pada bagian usus.
  • Mereka yang secara rutin dan sering melakukan donor darah
  • Penderita yang memiliki kondisi dimana usus mengalami kesulitan untuk menyerap nutrisi atau gastrointestinal

Bayi dan anak-anak yang masih kecil sangat beresiko menderita kekurangan zat besi bila mereka tidak mendapatkan asupan makanan yang tepat. Bayi yang mulai mendapatkan makanan padat harus mendapat cukup zat besi.

Ciri Kelebihan Zat Besi

Memiliki kandungan zat besi berlebih pada tubuh juga tidak baik untuk kesehatan. Dan berikut ini dampak yang terjadi saat tubuh kelebihan zat besi adalah :
  • Menurunya energi pada tubuh atau mudah letih
  • Turunya berat badan
  • Gangguan terhadap jantung
  • Kehilangan gairah seks
  • Mengalami impotensi
  • Kerusakan yang terjadi pada hati dan pankreas
  • Anoreksia
  • Pusing
  • Mual dan muntah
  • Berat badan menurun
  • Sesak napas
  • Warna keabu-abuan pada kulit
Kelainan genetik juga dapat mengakibatkan kegagalan fungsi tubuh dalam mengatur asupan zat besi. Akibatnya tubuh akan menyimpan terlalu banyak zat besi sehingga dapat menimbulkan dampak yang serius seprti keracunan zat besi. Ini dapat di antisipasi dengan cara menghentikan asukan zat besike dalam tubuh, melakukan cuci darah untuk mengurangi kadar zat yang ada pada darah, atau menggunakan obat khusus untuk mengeluarkan zat besi dari dalam tubuh.

Contoh Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Mungkin anda tidak pernah mengetahui bahwa makanan yang kita makan mengandung banyak sumber zat besi. Sumber zat besi dapat di peroleh dari beberapa jenis makanan contohnya makanan yang sering kita konsumsi seperti sayuran dan buah buahan. Berikut adalah jenis jenis makanan yang mengandung zat besi:
  1. Kulit kentang
    Mungkin jika anda ingin memakan kentang anda selalu membuang kulitnya, mungkin anda tidak tahu bahwa sebenarnya kulit kentang memiliki zatbesi 5 kali lebih banyak di bandingkan dengan kentang itu sendiri. Jadi mulai sekarang cobalah untuk memakan kentang tersebut beserta kulitnya.
  2. Daun bayam
    Daun bayam merupakan salah satu makanan yang sering kita konsumsi, daun bayam adalah sayuran yang dapat membantu kita untuk mengikat zat besi, bayam juga saudah terkenal dapat mencegah anemia dan bayam juga mengandung banyak vitamin A sehingga sangat bagus untuk tubuh kita.
  3. Jagung
    Jagung merupakan salah satu asupan yang banyak mengandung zat besi dan juga tembaga. Jagung juga menjadi salah satu sumber yang baik untuk vitamin A dan vitamin C
  4. Kangkung
    Anda mungkin tidakl asing dengan sayuran yang satu ini. Ternyata kangkung juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan kangkung juga memiliki kan dungan tang lain seperti vitamin A, vitamin B serta vitamin C juga mengandung kalsium dan kalium yang penting untuk tubuh.
  5. Chard
    Chard adalah salah satu sayuran yang mengandung zat besi dan vitamin A.
  6. Buah apricot
    Buah apricot ini mengandung jumlah zat besi yang sempurna untuk tubuh manusia.
  7. Buah jeruk
    Buah jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan juga asam folat yang membantu memerangi penyakit dalam tubuh kita.
  8. Buah bit hijau
    Buah ini mengandung sumber vitamin A dan vitamin B2, dan dapat membuat darah kaya akan zat besi dan juga mangan.
  9. Buah prune
    Buah ini adalah buah yang memiliki kandungan zat besi lebih banyak di bandingkan apel dan pepaya, dan buah ini juga dapat memperlancar aliran darah.
  10. Kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai
    Jenis kacang kacang ini merupakan kacang kacangan yang memilliki tingkat zat besi dan energi yang baik bagi tubuh.
  11. Roti gandum
    Roti gandum biasanya menjadi pilihan untuk orang yang sedang menjalani diet, ternyata roti gandum juga memiliki zat besi yang besar dan dapat juga untuk mencegah penyakit jantung.
  12. Beras merah
    Beras merah juga salah satu makanan yang mengandung zat besi yang baik untuk tubuh, selain itu beras merah juga mengandung serat, vitamin E dan asam folat.
  13. Kismis dan sereal
    Dua makanan berikut juga salah satu makanan yang memiliki zat besi.
  14. Telur
    Telur memiliki banyak sekali kandungan mineral yaitu diantaranya zat besi, dan vitamin B. Telur sangat ideal di konsumsi saat pagi (sarapan) karena mengandung jumlah energi yang pas dan memadai.
  15. Daging sapi
    Daging sapi juga mengandung sumber zat besi. Dalam daging mengandung 201kkal energi, 14 gr lemak dan 2,8mg zat besi.
  16. Ikan
    Ikan di kenal sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat, kandungan dalam ikan adalah omega 3, dan 6 dan juga memiliki zat besi di dalamnya.


Demikian ulasan yang dapat saya berikan mengenai zat besi dan makanan yang mengandung zat besi
Latest
Previous
Next Post »