13 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Dan Manfaatnya Kesehatan Manusia

Manusia membutuhkan berjenis ragam menu termasuk makanan yang mengandung kalsium. Berbagai macam kandungan yang ada dalam makanan dibutuhkan tubuh untuk berlangsungnya proses pertumbuhan badan yang sehat. Selain itu juga untuk menghindari badan manusia dari menderita berbagai macam penyakit. dan kali ini kita akan membahas mengenai zat kalsium, termasuk fungsi serta makanan yang memliki kandungan kalsium didalamnya.

Macam-macam makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi

Apa Itu Kalsium

Kata atau istilah kalsium memiliki pengertian yang rancu terutama dalam Bahasa Indonesia. Karena sebenarnya kalsium sendiri ada dalam banyak bentuk dan sebutan. Lalu kalsium mana yang sebenarnya yang layak dan aman untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Jenis-Jenis Kalsium

  1. Kalsium karbonat
    Rumus kimia kalsium karbonat yagn dibutuhkan oleh tubuh manusia
    Dengan rumus kimia CaCO3, merupakan bentuk umum dari kalsium. Zt ini banyak terdapat pada kulit hewan, batu kapur, mutiara, kulit telur dan beberapa bahan lainnya.
  2. Kalsium Sitrat
  3. Kalsium Glukonat
  4. Kalsium Laktat
    Terdapat pada keju dan tepung roti dalam jumlah yang banyak.
  5. Kalsium Fosfat
    Mudah dijumpai pada susu sapi. Enamel gigi dan tulang terdapat kandung kalsium fosfat dalam jumlah besar.
  6. Kalsium Sitrat Malat
    Kalsium yang dapat larut dalam air dan terdapat pada asam sitrat.
Dari penjelasan diatas diperoleh kesimpulan, bahwa tubuh mampu mengolah dan menyerap kalsium dalam berbagai bentuk dan rumus kimia. Dan jenis kalsium yang berbeda, terdapat dari sumber yang berbeda.

Kalsium adalah salah satu mineral yang sangat di perlukan oleh tubuh manusia. Salah satu tugas dari kalsium adalah untuk kesehatan dan pembentukan tulang dan gigi serta sangat di perlukan untuk proses pembekuan darah, kontraksi otot dan juga transmisi sinyal pada sel saraf. kalsium Di dalam tubuh manusia 99% terletak pada tulang dan gigi. Kalsium juga dapat berperan sebagai penurun tekanan darah, dan kandungan kalsium sudah terbukti dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler pada wanita. Dan berikut ini khasiat makanan kalsium dalam peran metabolisme tubuh.

Fungsi Kalsium Bagi Tubuh Manusia

Apa manfaat kalsium untuk kesehatan tubuh? Manusia sejak masih di dalam kandungan sudah memerlukan yang namanya kalsium. Bahkan bagi ibu ibu yang sedang dalam masa kehamilan sangat di anjurkan memakan makanan atau minuman yang memiliki kandungan kalsium dua kali lipat dari biasanya. Selain itu anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan juga sangat di anjurkan untuk menunjang pertumbuhanya dan untuk kesehatan tulang dan giginya. Kalsium dapat berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Berikut kegunaan kalsium bagi tubuh manusia.
  1. Mencegah keropos tulang (osteoporosis)
    Fungsi umum dari kalsium adalah mencegah keroposnya tulang dan gigi atau yang kita kenal dengan osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang menjadi keropos yang di sebabkn oleh kekurangan kalsium dalam tulang. Untuk itu mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Biasanya kondisi ini di terjadi saat sudah mencapai usia lanjut atau manula. Karena saat usia diatas 50 tahun,  biasanya 50% kalsium dalam tubuh akan berkurang.
  2. Mencegah resiko penyakit jantung
    Jantung adalah organ manusia yang sangat penting. Tanpa adanya jantung manusia tidak mungkin akan bisa hidup. Oleh karena itu sebaiknya kita bisa memelihara jantung kita dengan biak.  Dan kalsium memiliki manfaat untuk jantung dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda, mengkonsumsi banyak makanan tinggi kalsium akan memperkuat otot jantung anda sehingga jantung akan semakin kuat dan sehat.
  3. Pembakar lemak
    Jika anda sedang berdiet sebaiknya mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kalsium yang cukup tinggi, karena kalsium dapat membakar lemak dan menekan nafsu makan anda. Ini memang benar karena kalsium memiliki efek positif untuk metabolisme tubuh. Kalsium tidak memiliki sifat mengikat lemak. Oleh karena itu kalsium bisa di katakan sebagai nutrisi yang sangat baik untuk melangsingkan tubuh.
  4. Pereda nyeri saat haid
    Bagi para wanita kalsium sangat di perlukan, apalagi ketika datang saatnya haid seringkali merasakan nyeri tak tertahan di bagian perut. Kondisi seperti ini dapat di atasi dengan cara meminum susu secara rutin. Karena susu adalah salah satu minuman yang banyak mengandung kalsium.
  5. Pencegah kanker
    kalsium juga bisa berfungsi sebagai pencegah kanker pada manusia, terutama kanker usus besar, kanker payudara dankanker ovarium. Kanker adalah salah satu penyakit yang paling menakutkan, kalsium adalah salah satu kuncinya. Kanker adalah salah satu unsur yang bermanfaat sebagai anti oksidan yang mampu melawan sel sel kanker.
  6. Menguatkan pembuluh darah
    Kalsium juga dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat, seperti halnya pada jantung kalsium juga sangat berpengaruh untuk kesehatan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi kalsium secara teratur maka sistem pembuluh darah pu akan menjadi kuat.
  7. Pemelihara kesehatan otot pada jantung
    Seperti yang kita bahas sebelumnya kalsiu merupakan zat yang dapat menguatkan otot jantung, maka dari itu rutinlah mengkonsumsi asupan yang banyak mengandung sumber kalsium, terutama bagi manula, akan tetapi bukan berarti yang memiliki usia muda tidak perlu mengkonsumsinya justul lebih baik apabila di konsumsi dari usia muda sebagai pencegahan.


Masih banyak lagi fungsi kalsium yang belum kita ketahui karena kalsium adalah salah satu unsur yang sangat penting bagi tubuh kita.

Rekomendasi Konsumsi Kalsium Perhari

Walaupun kalsium bermanfaat bagi tubuh, namun kita tidak boleh sembarangan memberi asupan zat gizi tersebut ke dalam tubuh. Hal ini disebabkan dalam jumlah yang berlebih, zat gizi ini memiliki efek yang tidak baik terhadap tubuh. Begitu juga sebaliknya.Berikut ini jumlah kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi perhari untuk umur yang berbeda :

Usia Rekomendasi (mg/hari)
Anak 1 – 3 tahun 500 mg
Anak 4 – 8 tahun 800 mg
Anak 9 – 13 tahun 1.300 mg
Remaja 14 – 18 tahun 1.300 mg
Dewasa 19 – 50 tahun 1.000 mg
Dewasa 51 – 70 tahun (pria) 1.000 mg
Dewasa 51 – 70 tahun (wanita) 1.200 mg

Pengaruh Kalsium Terhadap Tubuh

Namun bila anda ingin mengkonsumsi makanan yang sarat akan kalsium yang berasal dari hewani, anda perlu melakukan pembatasan konsumsi. Hal itu di karenakan jumlah kalsium pada asupan yang bersifat hewani sangat besar, itu berarti jika kita mengkonsumsi secara berlebih maka akan mengganggu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Efek Konsumsi Kalsium Berlebih

Jika proses penyerapan kalsium oleh tubuh terganggu maka aka memicu meningkatnya asam PH dalam darah. Maka dapat di simpulkan, bahwa nantinya kalsium yang tidak berlebih akan terbuang sia sia dan sistem kerjanya menjadi tidak optimal. Dan bila ini terjadi apabila kalsium di konsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan gejala gejala berikut:
  • Kanker dan terutama kanker prostat
  • Susah buang air besar
  • Batu ginjal
  • Terjadi penimbunan kalsium di dalam pembuluh darah
  • Penyerapan zat besi dari zink tidak sempurna

Pengaruh Kekurangan Kalsium

Dan jika anda kekurangan kalsium juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda dan dapat menimbulkan bahaya seperti:
  • Nyeri pada otot dan juga persendian
  • Tulang keropos
  • Kekebalan tubuh menurun
  • Daya ingat melemah
  • Terganggunya sistem kerja jantung

Ciri Defisiensi Kalsium Dalam Tubuh

Dan kekurangan kalsium dapat terlihat, berikut adalah ciri ciri atau tanda tanda seseorang kekurangan kalsium :
  • Tubuh mudah lelah dan lesu
  • Nyeri yang terjadi pada perut
  • Insomnia atau susah tidur
  • Terjadi kram pada otot
Jika anda melihat atau menyadari tanda tanda seperti itu terjadi pada anak anda atau bahkan diri anda, anda tidak perlu khawatir. Jika hal ini terjadi sebaiknya anda memeriksakan diri anda terlebih dahulu, karena dokter lah yang bisa mendiagnosa anda kekurangan atau kelebihan kalsium bahkan mungkin anda menderita penyakit lain yang ciri cirinya seperti di atas.

Sebaiknya anda rutin mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung unsur 4 sehat dan 5 sempurna karena ini adalah menu makanan yang di anjurkan dokter untuk kesehatan kita. Dan setidaknya jika anda mengkonsumsi pola makanan 4 sehat dan lima sempurna berarti anda telah mencegah kekurangan kalsium pada tubuh anda juga anda telah mencegah penyakit menyerang tubuh anda.

Jenis Makanan Yang Mengandung Kalsium

Muncul sebuah pertanyaan dari mana kita bisa mendapatkan asupan kalsium? Sumber makanan kalsium banyak terdapat pada menu yang kita makan sehari hari. Zat gizi kalsium bisa di dapatkan dari jenis makanan yang bersifat nabati maupun hewani. Berikut adalah jenis jenis makanan yang mengandung sumber kalsium yang baik untuk tubuh manusia:

Sumber makanan nabati :

  1. Kacang kacangan
    Kacang kacangan adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi, selain mengandung zat besi, ternyata kacang juga mengandung kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.
  2. Sereal dan gandum
    Kedua makan ini juga sama seperti kacang kacangan, apalagi kita tahu bahwa gandum juga memiliki banyak sumber mineral seperti zat besi, karbohidrat dan kalsium. Maka dari itu jika anda mengikuti program diet mengkonsumsi sereal dan gandum sangat di anjurkan karena asupan ini adalah sumber karbohidrat yang baik dan memiliki unsur kalsium yang dapat membakar lemak.
  3. Sayuran hijau
    Sayuran hijau adalah makanan yang sudah tidak asing lagi. Apalagi sayuran adalah menu wajib untuk kesehatan, maka dari itu sudah tidak aneh bila anda sedang sakit, dokter akan menyuruh anda untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau karena sayuran hijau juga dapat membuat daya tahan tubuh anda meningkat.
  4. Susu kedelai
    Susu kedelai merupakan susu yang terbuat dari sari kedelai, susu ini juga dapat menjadi pengganti susu sapi bagi anda yang tidak suka mengkonsumsi susu sapi atau malah alergi pada susu sapi, agar anda dapat mengganti nutrisi yang hilang.
  5. Biji bijian
    Sama seperti kacang kacangan, biji bijian juga mengandung banyak sekali sumber kalsium yang baik untuk tubuh.
  6. Tahu dan tempe
    Tahu dan tempe adalah makanan yang sudah pasti sering kita konsumsi. Tahu dan tempe selain memiliki sumber kalsium yang baik, juga sebagi penetralisir racun di perut. Itulah mengapa tahu dan tempe masuk dalam jenis makanan 4 sehat 5sempurna.
  7. Brokoli
    Siapa yang tidak mengenal sayuran yang satu ini. Berwarna hijau dan berbentuk seperti pohon yang rindang dan memiliki segudang manfaat yang terkandung di dalamnya yang salah satunya adalah kalsium.
  8. Buah buahan
    Selain sayur sayuran di atas ternyata buah buahan juga mempunyai peran penting dalam hal kalsium. Jika anda ingin memiliki tulang yang baik maka rajin rajinlah mengkonsumsi buah yang sarat akan kalsium, terutama buah nangka, kismis, pepaya dan salak.

Sumber kalsium yang bersifat hewani:

  1. Susu
    Susu adalah sumber kalsium yang sangat baik. Maka dari itu anak anak yang dalam masa pertumbuhan di haruskan mengkonsumsi susu, dengan mengkonsumsi susu secar rutin maka pertumbuhan anak akan baik. Akan tetapi jika anda atau anak anda alergi dengan susu sapi, anda bisa mengantinya sengan susu kedelai.
  2. Daging yang berwarna merah
    Daging juga merupakan salah satu asupan yang sarat akan kalsium. Terutama daging yang berwarna merah seperti daging sapi, daging kambing dan yang lainya.
  3. Ikan
    Selain omega 3 dan omega 6, ternyata ikan juga memiliki segudang nutrisi di antaranya zat besi dan kalsium. Ikan juga sangat baik untuk perkembangan otak anak. Salah satu jenis ikan yang mempunyai sumber kalsium adalah ikan salmon, ikan teri, ikantuna dan ikan sarden.
  4. Udang, lobster dan kepiting
    Siapa yang tidak menyukai makanan laut di atas, ke tiga bahan makanan ini sering kita di temui di restoran mewah. Ternyata mereka ini adalah salah satu bahan yang memiliki sumber kalsium yang baik bagi tubuh kita.
  5. Telur
    Sudah tidak di ragukan lagi bahwa telur adalah asupan yang kaya akan mineral, banyak sekali manfaat yang akan kita temui pada telur termasuk kalsium. Di manakah letak kalsium pada telur?, kalsium pada telur terdapat pada kuningnya. Maka dari itu telur disebut sebagai salah satu gudang nutrisi.


Dan seperti ulasan di atas tadi maka banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium agar kesehatan anda semakin bertambah khususnya bagi para usia lanjut yang beresiko mengalami osteoporosis agar bisa mengurangi resiko penyakit tersebut dan dapat mencegah dari penyakit berbahaya lainya seperti kanker prostat dan lainya.

Demikian informasi makanan yang mengandung kalsium, fungsi dan ciri bila berlebih atau kekurangan zat tersebut, semoga bermanfaat bagi anda semua.
First